Welcome To Gerald82 Blog Hope You Enjoy It

Selasa, 01 Februari 2011

Science : 7 Penemuan Besar Di Dunia

           7 Penemuan Besar Di Dunia


    
    Banyak penemuan yang memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari dan membuat jalan pikir manusia banyak berubah. Kita patut berterima kasih pada mereka, readers !!!. Nih beberapa di antaranya :


1.   Penemuan Telepon oleh Antonio Meucci

Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Frediano, 13 April 1808        dan meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun. Ia adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yaitu telepon. Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871. Dia adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze.  Sebelumnya, Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya. Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi "telegraf berbicara" ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Pada tahun 1876, Alexander Graham Belmenyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Namun, akhirnya Kantor Paten Amerika mengakui bahwa Meucci-lah yang sebenarnya menemukan telepon.
                                    
                                            
Telepon Meucci


2. Penemuan Bohlam Lampu oleh Thomas Alva   
    Edison
   
      Thomas Alva Edison lahir 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting, diantaranya yaitu gramofon dan bohlam lampu. Namun, pada artikel ini yang dibahas hanya tentang bohlam lampu. Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey. Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik. Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric. Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Akhirnya, pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah medali khusus dari Kongres Amerika Serikat.


Bohlam Lampu Edison

3. Penemuan Televisi oleh John Logie Baird
   
      John Logie Baird lahir di Helensburgh, Scotlandia pada 14 Agustus 1888 dan meninggal pada 14 Juni 1946 saat berusia 67 tahun. Ia adalah penemu yang pertama kali menunjukkan bahwa citra visual dapat ditransmisikan. Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam kondisi serba kekurangan. Pada tahun 1923, ia mulai berusaha mengotak-atik mesin untuk mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama kemudian ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa-kabel ke pewawat penerima yang berjarak beberapa meter. Pada Januari 1925 dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Royal Institute  London. Ini adalah peragaan televisi paling awal. Pada tahun 1929, BBC melakukan siaran televisi perdana, menggunakan peralatan Baird. Namun ketika itu ia belum memanfaatkan penggunaan tabung sinar-katode, yang menjadi dasar televisi modern. Sehingga sistem buatannya kalah bersaing dengan sistem baru di tahun 1933. Namun, Baird sudah diakui sebagai pencipta televisi pertama.


    Televisi Pertama Baird 
   
     4. Penemuan Internet oleh Tim Berners Lee
 
           Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee lahir di London, Inggris pada 8 Juni 1955 dan usianya sekarang 55 tahun. Ia adalah penemu World Wide Web dan merupakan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dia menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama dan server web pertama yang bernama httpd. Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.      


          5. Penemuan Mobil oleh Karl Benz
       
Karl Friedrich Benz        lahir pada 25 November 1844 dan meninggal pada 4 April 1929 di Ladenburg, Neckar, Jerman. Ia adalah seorang insinyur otomobil Jerman. Suatu saat, ia mengalami kecelakaan yaitu meledaknya gas bensin, ledakan ini memiliki kekuatan yang cukup besar. Akhirnya, pada tahun 1855, Benz menunjukkan mobil roda tiga pertamanya dengan mesin bertenaga bensin. Satu tahu kemudian, dibuat mobil roda empat oleh Gottlieb Daimler. Penelitian pun banyak dilakukan Benz bersama Daimler hingga akhirnya dikembangkan menjadi mobil yang sering kita lihat sekarang ini. Umumnya ia bersama Gottlieb Daimler dipandang sebagai  salah satu pencipta otomobil berbahan bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis. Pada 1903 Benz pensiun dari Benz & Co., tapi tetap sebagai anggota dari papan pengawas sampai kematiannya. Perusahaan Benz dan Daimler bergabung membentuk Daimler-Benz di 1926, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz.


  Mobil Pertama Karl Benz


         6. Penemuan Pesawat oleh Wright Bersaudara
     
        Wright Bersaudara yang terdiri dari dua orang adik beradik, Orville Wright yang lahir pada 19 Agustus 1871 dan meninggal pada 30 Januari 1948 dan Wilbur Wright yang lahir pada 16 April 1867 dan meninggal pada 30 Mei 1912. Mereka secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio. Toko tersebut menjual dan memperbaiki sepeda motor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya diuji di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak seribu kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat, yang dinamakannya Wright Flyer. Pada pukul 9.30 pagi (9.30 WIB malam) dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama "Kitty Hawk". Pesawat Wright Flyer yang asli kini terdapat di Museum Dirgantara di Washington DC, Amerika Serikat.


Pesawat Pertama yang Diterbangkan Wright Bersaudara



7. Penemuan Dinamit oleh Alfred Nobel

        Alfred Bernhard Nobel  lahir di Stockholm, Swedia pada 21 Oktober 1833 dan meninggal di Norra Begravningsplatsen, Stockholm, 10 Desember 1896 pada umur 63 tahun. Ia adalah seorang kimiawan, insinyur, dan pebisnis asal Swedia yang menemukan dinamit. Dalam surat wasiatnya, dia mewakafkan hartanya untuk membuat Penghargaan Nobel. Ayahnya bernama Immanuel Nobel dan ibunya bernama Andriette Ahlsell Nobel. Ayah Alfred ialah seorang insinyur dan penemu. Ia membangun jembatan, bangunan, dan mengadakan percobaan dengan bermacam cara dalam peledakan batu. Pada tahun yang sama saat Alfred lahir, bisnis ayahnya merugi dan ditutup. Pada tahun 1837, Immanuel Nobel memutuskan untuk mengadu nasib di manapun dan pindah ke Finlandia dan Rusia. Sementara itu, bisnis Imannuel Nobel di St. Petersburg, Rusia mulai menanjak. Karena berhasil di Rusia, kini Imannuel bisa memindahkan keluarganya ke St. Petersburg  pada tahun 1842. Pada usia 17, Alfred lancar berbahasa dan menulis dalam bahasa Swedia, Rusia, Prancis,Inggris, dan Jerman. Immanuel memutuskan mengirim Alfred ke luar negeri untuk belajar dan menjadi insinyur kimia. Alfred menemukan melalui percobaannya-bahwa campuran nitrogliserin dengan tanah halus Kieselguhr akan mengubah cairan menjadi pasta yang bisa dibentuk ke dalam batang, yang kemudian dimasukkan dalam lubang bor. Penemuan ini terjadi pada tahun 1866. Alfred mendapatkan hak paten atas bahan ini pada tahun berikutnya. Ia menamainya dinamit. Ia juga menemukan detonator atau sumbat peledak yang bisa dinyalakan dengan cahaya sumbu. Dinamit dan sumbat detonator laku dalam industri pembangunan. Karena itu, Alfred bisa membangun pabrik di 90 tempat berbeda. Ia tinggal di Paris tapi sering bepergian ke pabrik-pabriknya di lebih dari 20 negara. Sampai kematiannya pada tahun 1896, ia telah mendapatkan 355 paten.


Dinamit Alfred Nobel



Referensi : - Wikipedia 
                   - Buku ' Why ? Invention and Discovery 
                    Penerbit : PT Elex Media Computindo
                    Supervised by Wang, Yeoun Joong
                    Written and Cartooned by Kim, Min-Jae. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar